Kamis, 09 Juni 2016

BAZNAS OKU geber UPZ dalam penghimpumpunan ZIS


Ogan Komering Ulu –

Dari 68 Unit Pengumpul Zakat (UPZ) yang sudah terbentuk pada dinas/instansi Pemerintah, vertikal, sekolah dan perusahaan di OKU, 21 UPZ diantara hingga kini  belum menyetorkan dana Zakat, Infaq dan Sodaqoh (ZIS) dari lembaganya ke Baznas OKU. Dana ZIS yang belum disetor ke Baznas OKU 21 UPZ merupakan priode April-Mei tahun ini. Karenanya, UPZ diminta untuk segera menyetorkan ZIS ke Baznas OKU. “Masih ada 21 UPZ lagi yang sampai saat ini belum setor dana  ZIS ke Baznas untuk periode April –Mei,” ungkap Ketua Baznas OKU, Drs H Admiathi Somad.

Kendati menyatakan ada 21 UPZ yang belum menyetorkan ZIS ke Baznas OKU selama April – Mei, namun Admiathi enggan menyebutkan secara jelas UPZ dimaksud. Admiathi beralasan, belum menyetorkan dana ZIS ke Baznas OKU bukan karena tidak mau setor, namun dimungkinkan UPZ tersebut belum ada waktu untuk menyetor atau masih dalam proses penghimpunan. “Mudah – mudahan di momentum Ramadhan ini, UPZ yang belum setor dapat segera menyetorkan dana ZIS dua bulan sekaligus,” harapnya.

Diakui  Admiathi, sejak diterbitkannya instruksi Bupati OKU Nomor 1 tahun 2016, tanggal 11  Maret 2016 tentang optimalisasi pengumpulan Zakat, Infaq dan Sadaqoh (ZIS) bagi lembaga pemerintah, non pemintah di Kabupaten OKU, penghimpunan ZIS mengalami peningakatan. Sebelum terbitnya instruksi Bupati OKU tentang optimalisasi Zakat, Infaq dan Sadaqoh, dana yang dari ZIS yang masuk ke rekening Baznas OKU hanya kisaran Rp40juta/bulan. Namun dengan diterbitkannya instuksi Bupati, kini naik menjadi Rp80juta perbulan yang berasal dari 47 UPZ. “Rp80juta  tersebut belum termasuk 21 UPZ yang belum setor. Kalau seluruh UPZ sudah menyetor saya yakin jumlahnya akan lebih besar lagi,” sebutnya.

Dengan besarnya dana ZIS yang dihimpun Baznas OKU melalui setiap UPZ yang terbentuk maka akan berimbas juga dengan jumlah Mustahiq di OKU yang akan menerima dan atau menikmati santunan  dari dana ZIS yang dihimpun Baznas OKU. “Kenapa begitu, karena  santunan kepada mustahiq yang selama ini diserahkan Baznas bagi warga kurang mampu yang membutuhkan berasal atau bersumber dari dana ZIS yang telah dihimpun melalui UPZ. Salah satunya santunan bagi 1.500 mustahiq pada ramadhan ini,” pungkasnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar