Rabu, 22 Juni 2016

BAZNAS SUMSEL Targetkan Zakat Naik 100 Persen

BAZNAS Sumsel

Palembang - 

Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Sumatera Selatan (SUMSEL) menargetkan pengumpulan zakat selama bulan Ramadhan atau Juni dan Juli 2016 bisa naik di dari bulan-bulan sebelumnya. Target tersebut disampaikan Wakil Ketua III BAZNAS Sumsel Ardi Hasim.

“Untuk di Sumsel pada bulan Ramadhan atau Juni dan Juli 2016 kita targetkan naik naik 100 persen dibanding bulan sebelumnya. Untuk jumlahnya sampai saat datanya belum lengkap, baru akhir bulan bisa diketahui. Jika pada bulan sebelumnya zakat yang dihimpun mencapai Rp180 juta,” kata Ardi Hasim didampingi Wakil Ketua IV BAZNAS Sumsel Teguh Sobri, Rabu (22/6).

Menurutnya, untuk penghimpunan zakat oleh BAZNAS Sumsel saat ini sekitar masih 35 persen berasal dari zakat di lingkungan pemerintahan. “Beberapa hari ke depan menjelang Idul Fitri realisasi zakat yang dihimpun akan lebih tinggi, terutama yang dinas-dinas di lingkungan Pemerintah Provinsi Sumsel, Masjid Agung dan dari BUMD,” ujarnya.

Untuk mengoptimalkan penghimpunan zakat, menurut Ardi, BAZNAS Sumsel terus melakukan sosialisasi serta adanya imbauan dari Gubernur Sumsel melalui surat keputusan gubernur ke SKPD atau dinas dalam penghimpunan zakat ini dapat lebih baik lagi.

Ardi menjelaskan, dalam pengumpulan zakat oleh BAZNAS Sumsel tidak mencakup seluruh wilayah di Sumsel. “Karena di masing-masing kabupaten dan kota ada BAZNAS masing-masing, BAZNAS Sumsel hanya mencakup yakni Dinas atau SKPD di lingkungan pemerintah provinsi, Masjid Agung SMB II, universitas dan perguruan tinggi hingga BUMD,” katanya.

Dalam menghimpun zakat di bulan Ramadhan ini, di setiap dinas di lingkungan Pemprov Sumsel sudah ada  unit penghimpunan zakat (UPZ). “UPZ ini merupakan perpanjang tangan BAZNAS Sumsel,” ujar Ardi.
Sementara itu untuk penyaluran zakat yang berhasil dihimpun menurut Teguh Sobri, BAZNAS Sumsel menyalurkan dengan berpedoman pada fikih. “Berdasarkan syariatnya ada delapan  kategori yang berhak untuk menerima zakat/mustahiq. Dalam penyalurannya BAZNAS Sumsel mengemas melalui program Sumsel makmur, Sumsel taqwa, Sumsel peduli, Sumsel sehat dan Sumsel cerdas,” katanya.  (juniara).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar