Jumat, 29 Juli 2016

BAZNAS Apresiasi Dompet Dhuafa Terima Penghargaan Ramon Magsaysay

BAZNAS Apresiasi Dompet Dhuafa Terima Penghargaan Ramon Magsaysay
Jakarta -

Dompet Dhuafa berhasil meraih penghargaan Ramon Magsaysay 2016. Penghargaan diberikan atas keberhasilan Dompet Dhuafa memperluas dampak transformatif dari zakat.

Direktur Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS), Arifin Purwakananta, mengatakan Baznas memberikan apresiasi tinggi atas penghargaan internasional yang diterima Dompet Dhuafa. Ia menekankan, penghargaan itu mampu memacu lembaga amil zakat di Indonesia untuk berkarya lebih di masa depan.

"Kami berharap penghargaan Ramon Magsaysay 2016 yang diterima Dompet Dhuafa dapat memacu pengembangan organisasi pengelola zakat di Indonesia," kata Arifin, Rabu (27/7).

Ia menilai, penghargaan internasional ini merupakan pencapaian yang luar biasa bagi sebuah Lembaga Amil Zakat Nasional, terutama di Indonesia. BAZNAS sendiri selaku koordinator zakat nasional, telah melakukan berbagai upaya pengembangan pengelolaan zakat di seluruh Indonesia.

Arifin menegaskan, pencapaian ini harus bisa dijadikan motivasi lembaga zakat lain, karena sama-sama organisasi yang dibentuk masyarakat. Saat ini, terdapat sejumlah lembaga amil zakat yang resmi dan diizinkan Kementerian Agama untuk mengelola zakat masyarakat Indonesia, termasuk Dompet Dhuafa.

Selain Dompet Dhuafa, tahun ini lembaga yang akan menerima penghargaan adalah Japan Overseas Cooperation Volunteers (Jepang), Bezwada Wilson (India), Conchita Carpio-Morales (Filipina), Vientiane Rescue (Laos), dan Thodur Madabusi Krishna (India).

Penerima Ramon Magsaysay dari Indonesia sebelumnya, di antaranya H.B. Jassin, Mochtar Lubis, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Dita Indah Sari, dan Ahmad Syafii Maarif.

Ramon Magsaysay Award atau Hadiah Ramon Magsaysay adalah penghargaan yang diciptakan pada April 1957 oleh para wali amanat Rockefeller Brothers Fund (RBF) yang berpusat di Kota New York, Amerika Serikat. Hadiah ini diciptakan untuk mengenang Ramon Magsaysay, almarhum mantan Presiden Filipina, serta untuk menyebarluaskan keteladanan dan integritasnya dalam menjalankan pemerintahan.

1 komentar: